Wisata Unik Di Tana Toraja

Toraja adalah kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan yang keberadaannya sudah diakui dunia, itu disebabkan karena Toraja memiliki tradisi dan budaya yang unik yang masih kental dilakukan hingga saat ini. Toraja juga memiliki tempat-tempat yang pantas untuk dijadikan destinasi liburan Anda. Jika kamu tertarik akan pergi ke Toraja, berikut ini akan kami rekomendasikan tempat wisata terbaik yang ada di Toraja.

  1. Kalimbuang Bori

Kalimbuang Bori adalah objek wisata purbakala yang letaknya ada di daerah Bori. Di tempat ini sering dilakukan upacara khusus kematian, tempat ini juga dipenuhi dengan batu-batu  yang membuat kesan eksotis dan juga cocok dijadikan tempat berswafoto. Batu-batu yang berdiri di tempat itu adalah batu yang digunakan sebagai pengikat hewan-hewan yang akan disembelih pada saat upacara antara lain babi, sapi, kerbau dan anoa, dan menurut cerita masyarakat batu-batu sudah berusia ratusan tahun.

  1. Tongkongan pallawa

Di Toraja banyak sekali tempat-tempat mengadakan upacara tradisi yang salah satunya adalah Desa pallawa, yang terdapat Tongkonan atau rumah leluhur untuk menyimpan jenazah. Tongkonan dibentuk menyerupai rumah adat dengan atap yang mirip dengan perahu disusun dengan bambu, di samping Tongkonan biasanya digunakan untuk menyimpan padi atau sebagai lumbung.

  1. Air terjun 7 tingkat

Dari namanya kita sudah tahu keunikan yang ada di objek wisata ini yaitu, Air terjun yang mempunyai 7 tingkatan dengan ketinggian yang berbeda-beda serta deras air yang sangat deras membuat air dapat dirasakan di kejauhan. Air yang ada di air terjun ini sangat jernih sehingga para pengunjung senang melakukan kegiatan mandi atau berenang serta panorama dan pemandangannya yang tidak kalah memukau mata.

  1. Air terjun sarambu assing

Air terjun sarambu assing berada di Lembang Patongan, Kecamatan Bitung. Air terjun ini berasal dari sumber mata air pegunungan dan dengan air yang terasa segar anda dapat melakukan kegiatan mandi dan berenang di sana. Untuk menuju objek wisata ini masih sangat perlu perjuangan karena masih berupa jalan setapak sehingga tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan bermotor.

  1. Tana Toraja

Di Tana Toraja ini masih memiliki kepercayaan yang kuat dan tradisi serta aturan ritualnya, dan itu adalah  salah satu daya tarik di Tana Toraja. Di Tana Toraja Anda bisa belajar dan mengenal tentang budaya lain yang ada di Indonesia, jika ingin pergi ke Tana Toraja, pilihlah bulan Desember karena pada bulan tersebut sering diadakan pagelaran Festival yang juga banyak sekali dikunjungi wisatawan.

  1. Makam Goa Londa

Nama tempat memiliki nama Goa, bukan berarti objek wisata ini berbentuk seperti Goa pada umumnya karena Goa Londa adalah sebuah makam yang sangat dikenal di Toraja. Objek wisata ini memang merupakan pemakaman tetapi tidak perlu takut dengan cerita cerita ada yang beredar di sekitar masyarakat.

  1. Batutumonga

Batutumonga atau lebih dikenal dengan negeri Diatas Awan tak hanya sekedar julukan saja, di tempat ini anda akan disajikan hamparan awan yang sangat luas yang seolah kita berada di atas awan. Terletak di lereng gunung sesean yang memiliki jarak kurang lebih 25 km dari kota Rantepao dan 10 km dari lolai.

  1. Kete Kesu

Kete kesu terletak di Tanah Toraja yang menjadi objek wisata dengan daya tarik pemandangan yang menarik, memiliki Kompleks rumah adat yang disebut dengan Tongkonan yang dijadikan tempat menyimpan mayat sebelum dikubur. Di Kete Kesu ada sebuah bukit yang konon banyak terdapat benda purbakala yang berusia ratusan tahun, ada pula gua gua kecil yang berfungsi menyimpan mayat tanpa dikubur.

  1. Londa

Londa adalah sebuah makam yang terletak di Toraja yang wajib kamu kunjungi. Terkenal dengan wisata religinya banyak orang yang datang untuk berdoa untuk arwah yang dimakamkan di sini. Dengan tempat yang strategis dan mudah dijangkau yang kurang lebih 7 km dari kota Rantepao akan membuat liburan Anda  mengesankan. Tempat ini memang terkesan mistis karena dikelilingi dengan pegunungan hingga terasa sangat sejuk dan dingin, ada juga tebing yang berfungsi untuk meletakkan peti mati.

  1. Ollon

Ollon adalah tempat wisata yang cocok membawa anak-anak ke lokasi wisata ini, dengan bukit yang luas maka anak-anak akan bermain dengan leluasa. Berada di desa Bau, kecamatan Bonggakadeng, perjalanan 1 jam dengan jarak tempuh 5 km jika memulai perjalanan dari kota Makale. Tak hanya anak-anak, banyak juga keluarga yang menghabiskan liburannya dengan berkemah untuk merasakan kesejukan alam di malam hari.

  1. Lemo

Lemo dikenal sebagai rumah para arwah oleh warga sekitar, terbukti saat kamu berada di tempat ini maka anda akan menemukan beberapa jenazah yang disimpan, yang bahkan di tempat terbuka. Meskipun tempat ini terkesan sangat misteri, tidak menghalangi pengunjung untuk datang mengobati rasa ingin tahu.

  1. Lokomata

Lokomata merupakan juga tempat untuk menyimpan jenazah tetapi perbedaannya lokomata berada di pinggir jalan raya. Lokomata yang berarti lubang artinya  Jika batu memiliki banyak lubang itu di berarti sudah digunakan oleh banyak orang dan biasanya satu lubang untuk digunakan satu keluarga. Satu lagi satu lagi.

  1. Marante Tondon

Di Tana Toraja memang banyak sekali objek wisata yang berupa pemakaman, dan juga tradisi serta budaya yang masih kental dan masih dilakukan hingga saat ini termasuk juga Marante Tondon. Dibuka untuk umum sehingga kamu dapat menyaksikan benda-benda yang bersejarah, dengan lokasi yang strategis banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Marante Tondon.

  1. Sentra tenun Tana Toraja di Sa’dan To Barana

Setelah puas berkunjung ke berbagai wisata ke pemakaman maka tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga ataupun kerabat dekat. Sentra tenun Sa’dan To Barana dapat menjadi tempat tujuan untuk mencari oleh-oleh karena  kain tenun khas Toraja cocok untuk dijadikan buah tangan.

  1. Patung Yesus buntu burake

Buntu Burake semakin dikenal oleh dunia setelah didirikannya patung Tuhan Yesus memberkati yang disebut-sebut patung Yesus tertinggi di dunia. Dengan ketinggian 40 m menghadap ke kota Makale, icon wisata Tana Toraja ini mampu menyaingi tinggi Patung Kristus Penebus di Brazil, tak hanya itu di buntu burake juga wisatawan dapat menikmati pemandangan kota Makale yang dikelilingi oleh gunung-gunung yang indah.

  1. Museum Ne’ Gandeng

Museum ini terletak di desa Pelangi, Tagasari Kecamatan Balusu. Museum ini sangat populer di Toraja Utara yang dibangun sendiri oleh Ne’Gandeng salah satu leluhur tertua di Toraja. Di musim ini anda dapat melihat beberapa pondok yang lagi-lagi adalah tempat pemakaman warga Toraja.

Menakjubkan wisata di Tanah Toraja, tak hanya memikat hati wisatawan lokal tetapi juga mampu menarik perhatian wisatawan dari mancanegara. Dapatkan info menarik lainnya di https://wisataasyik.com/.