4 Hal Seru yang Harus Kamu Lakukan Saat Berwisata ke Banda Neira

Banda Neira merupakan sebuah kepulauan yang ada di Maluku Tengah, yang didalamnya memiliki kekayaan alam yang indah. Kota ini dulu pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah seperti pala dan cengkih. Rempah-rempah inilah yang banyak dicari oleh bangsa-bangsa Eropa dan China. Pulau ini mendapat julukan The Spice Island, sampai-sampai diperebutkan oleh para penjajah dari Eropa dan saudagar China.

Namun tahukah kamu kalau Pulau Banda Neira memiliki pesona alam yang indah? Nah sebelum memutuskan berkunjung ke Banda Neira, kamu harus tahu dulu perjalanan menuju Banda Neira memang cukup jauh. Dari kota Ambon, kamu akan melanjutkan perjalanan menuju Banda Neira menggunakan pesawat ataupun kapal. Namun untuk pesawat tidak bisa diakses setiap harinya, cukup dua kali dalam seminggu.  Nah sedangkan pilihan kedua  kamu bisa menaiki kapal dari Pelabuhan Talehu dengan tarif sekitar 450 ribu hingga 650 ribu.

Perjalanan lewat air ini membutuhkan sekitar 6 jam an, jadi kamu harus sabar ya! Itu juga tergantung kondisi cuaca dan gelombang air laut apakah bagus atau tidak. Nah walaupun terbilang lama, perjalanan kamu akan terbayarkan saat kamu melakukan 4 hal seru di Banda Neira. Penasaran hal seru apa saja yang bisa kamu lakukan di Banda Neira? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

  1. Wisata sejarah

Di Banda Neira kamu bisa berwisata sejarah lho!sebelum mengunjungi pulau-pulau kecil di Banda, ada baiknya kamu mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Banda Neiri. Karena disini masih terdapat dermaga, bandara, dan kantor-kantor peninggalan masa Belanda dulu. Pulai ini dulunya pernah dijadikan pengasingan toko presiden kita yang pertama, yaitu Soekarno Hatta. Di kota ini kamu bisa mengunjungi rumah pengasingan Bung Hatta, Rumah Captain Cole, Gunung Banda, Gereja tua Hollandsiche Kerk, Istana Mini, Rumah Budaya, Benteng Nassau, dan Benteng Belgica. Saat kamu mengunjungi Benteng Nassau dan Benteng Belgica, kamu bisa melihat pesona keindahan alam Pulau Banda Neira dari atas benteng. Kedua benteng ini dibuka sampai sore hari. Oh iya jika kamu ingin mengenal lebih dalam tentang rempah-rempah khas sini, terdapat juga tur sejarah rempah lho!

  1. Snorkeling dan Diving

Banyak sekali pulau-pulau kecil disini. Mulai dari Pulau Hatta, Pulau Rhun, Pulau Pisang atau Pulau Sjahrir, Pulau Neilaka, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menjelajahi pulau-pulau ini dengan menggunakan speedboat yang sudah disediadakn. Kegiatan seru pun bisa kamu lakukan di pulau-pulau ini mulai dari menikmati halusnya pasir putih pantai ,diving, dan snorkeling menyelusuri keindahan bawah laut.  Spot snorkeling yang menjadi favorit di Kepulauan Banda adalah Lava Flow.  Lava Flow berasal dari letusan gunung api banda pada tahun 1988. Letusan gunung berapi ini mengakibatkan hancurnya terumbu karang. Hancurnya terumbu karang inilah malah membuat terumbu karang tumbuh lebih cepat. Hingga saat ini Lava Flow sudah tertutup karang keras hingga kedalaman 27 meter. Untuk spot diving, kamu bisa menyelam di Pulau Sjahir atau Pulau pisang. Area ini lebih dikenal dengan nama Tanjung Seram, tetapi bukan berate tempat ini seram ya! tempat ini justru menyimpan kekayaan biota bawah laut. Kamu bisa menemui banyak spesies ikan di kedalaman 5 hingga 18 meter. ada jenis ikan Moray, Scorpion, Blennis,Eeles, dan Gobies.

  1. Mendaki gunung Api

Aktivitas seru yang ini wajib banget deh kamu lakukan ssaat berkunjung ke Banda Neira. Rute mendaki gunung api di pulau ini juga tidak sulit, sehingga para pendaki pemula juga bisa merasakan pengalaman mendaki gunung api. Gunung ini memiliki tinggi seitar 666 mdpl, jadi untuk bisa mencapai puncak gunung api hanya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam saja. Walaupun kamu merasa lelah, kalau sudah sampai di puncak gunung rasa lelah itu akan hilang setelah melihat keindahan alam Banda Neira yang mengagumkan. Nah ada waktu terbaik untuk mendaki yaitu saat subuh. Karena pada saat itulah kamu akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit. Wah walau dibayangkan saja sudah indah banget, apalagi kalau melihat langsung kan?

  1. Wisata Kuliner di Banda Neira

Wisata kuliner di Banda Neira banyak banget, dan pastinya enak-enak deh! ada telur ikan asap, sosis terong kenari, ikan bakar bumbu kenari, ikan asam pala, dan masih banyak lagi. Semua bisa kamu nikmati saat disini. Misalnya terong saus kenari bisa kamu beli di warung –warung sekitar sini. Di Banda Neira juga diadakan bazar makanan setiap dua minggu sekali, setiap kapal pelni merapat.  Kuliner-kuliner diatas bisa banget kamu jadikan oleh-oleh dari Banda Neira

Nah itu dia 4 hal seru yang bisa kamu lakukan di Banda Neira. Jangan sampai melewatkan 4 hal seru diatas deh, semoga artikel diatas bermanfat ya! Kalo kamu ingin lebih banyak informasi wisata menarik lainnya, coba kunjungi link ini. Happy Holiday. . .