Anti Rayap Dari Bahan Alami Yang Tak Terduga

Anti rayap tak selalu berwujud pestisida, atau harus selalu menghadirkan jasa pembasmi rayap. Tak hanya nyamuk, rayap juga menjadi satu masalah yang cukup memusingkan bagi manusia. Kehadiran serangga kecil ini sangat merugikan, karena dapat menggerogoti bangunan kayu dan furniture didalam rumah kamu.  Jika tidak segera ditangani, maka kamu akan mengalami kerusakkan bangunan dan furniture yang lebih parah lagi.

Untuk membasmi rayap beserta koloninya, kita pasti hanya berfikir bahwa anti rayap kimiawi adalah solusi untuk membasmi rayap paling ampuh dan efektif. Namun dibalik keampuhan anti rayap kimiawi, apakah tidak akan berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar? Mungkin untuk membasmi rayap, kita harus menggunakan anti rayap alami yang tentu saja ramah lingkungan, tak mengganggu habitat lain.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat dijadikan pengusir rayap,

  1. Buah bintaro

Buah bintaro adalah salah satu obat anti rayap alami yang sangat mudah kamu temukan di pinggir jalan. Buah ini sangat beracun untuk dikonsumsi manusia, namun sangat membantu untuk mengusir rayap. Buah bintaro mengandung zat certerin yang beracun untuk rayap, itulah sebabnya buah ini ampuh mengusir rayap. Cara membuat anti rayap menggunakan buah ini adalah blender 500 gram buah bintaro dengan air 500 ml, lalu diamkan selama seminggu. Setelah seminggu, saring campuran buah tadi dari ampasnya, siap disemprotkan ke daerah yang dihuni rayap.

  1. Bawang putih

Bawang putih memang dikenal ampuh untuk mengusir segala jenis serangga, tak terkecuali rayap. Namun untuk rayap kamu dapat menggunakan bawang putih dalam bentuk semprotan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Cara membuatnya cukup mudah, hancurkan bawang putih dan campur dengan sedikit air, lalu diamkan selama 6 jam. Setelah 6 jam, saring untuk membuang ampasnya dan tambahkan sedikit sabun pencuci piring. Bawang putih siap disemprotkan ke daerah yang terserang rayap.

Selain anti rayap alami, jagalah kebersihan rumah beserta kelancaran sirkulasi udara rumah dan cahaya matahari, untuk mencegah terlalu lembab karena rayap senang berada di tempat yang lembab dan bebas cahaya matahari.