Berkebun, Dan Rasakan 10 Manfaatnya

Untuk mengisi waktu liburan tak harus dengan berwisata atau menjelajahi Indonesia, buatlah liburan yang berkesan dengan mengisinya melakukan kegiatan yang menyehatkan. Kamu juga dapat melakukan hobimu untuk mengisi liburan, dan jika kamu memiliki hobi berkebun berarti kamu memilih hobi yang tepat. Hobi berkebun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah pembahasan tentang manfaat yang bisa di dapat dari hobi berkebun.

Dalam beraktivitas yang terpenting adalah kekuatan fleksibilitas dan koordinasi tangan kegiatan yang tepat untuk bisa melatih keterampilan otot dan motorik halus.

  1. Membakar kalori

Kegiatan berkebun bisa dijadikan sebagai latihan fisik berintensitas sedang. Menurut penelitian, dalam waktu 1 jam melakukan kegiatan berkebun tubuh telah berhasil membakar 330 kalori yang setara dengan berjalan kaki dengan kecepatan sedang dalam waktu yang sama. Dari penelitian di Amerika, saat pria dan wanita berkebun juga memiliki indeks massa tubuh lebih rendah saat berkebun secara signifikan.

  1. Menyehatkan tulang

Berkebun pasti dilakukan diluar ruangan dan tentu saja tubuh akan terpapar sinar matahari dan mendorong tubuh untuk memproduksi vitamin D, bisa dikatakan dengan berjemur. Fungsi dari vitamin D adalah untuk menyerap kalsium dan mineral penting untuk pembentukan tulang. Namun perlu dicatat, sebelum berjemur sebaiknya menggunakan tabir surya agar kulit terlindung dari sinar matahari dan meminimalisir risiko kanker kulit.

  1. Penghilang stres

Kegiatan berkebun juga dapat memberikan dampak positif mengurangi gejala depresi, bahkan metode ini digunakan oleh beberapa rumah sakit sebagai rehabilitasi untuk pemulihan dari cedera stroke ataupun kondisi sakit lainnya.

  1. Cadangan makanan sehat

Berkebun juga memiliki manfaat lain selain aktivitas fisik yaitu kamu dapat memasak makanan segar dan juga sehat. Setidaknya dibutuhkan mengkonsumsi buah dan sayuran satu setengah cangkir buah per hari untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika nutrisi tubuh tercukupi, maka segala penyakit kronis akan terhindar. Selain itu berkebun juga secara tidak langsung mengubah kebiasaan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

  1. Menurunkan tekanan darah

Melakukan aktivitas fisik selama 30 menit secara rutin dapat membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi.

  1. Lebih merasa bahagia

Berkebun juga dapat berpengaruh pada peningkatan kualitas hidup seseorang, jadi tak salah jika berkebun dapat meningkatkan mood seseorang. Selain itu, berkebun juga dapat memberi harapan kedepannya, karena saat kamu menanam benih dan dengan rutin merawatnya tentu yang kamu harapkan adalah tanaman akan tumbuh dan membuahkan hasil.

  1. Sumber komunitas

Memiliki kegiatan berkebun membuat seseorang merasa memiliki harga diri yang lebih baik, tidak juga gangguan jiwa serta fisik tubuh yang sehat jika dibandingkan orang yang tidak berkebun.

  1. Dapat memperlambat perubahan iklim

Ketika membalikkan perubahan iklim global ada banyak yang bisa kamu lakukan seperti daur ulang, peralatan hemat energi serta mobil hybrid juga dapat membantu untuk memperlambat. Namun berkebun juga masuk ke dalam daftar untuk memperlambat perubahan iklim, karena kebun memiliki ruang hijau yang sangat penting untuk mengurangi efek gas rumah kaca.

  1. Mempertajam otak

Selain baik untuk kesehatan fisik, berkebun juga baik untuk kesehatan otak. Hal itu telah dibuktikan dari penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2019, dimana ilmuwan melakukan penelitian mengukur faktor pertumbuhan saraf otak dengan memori pada peserta penelitian. Penelitian dilakukan sebelum dan setelah berkebun dan menghasilkan tingkat pertumbuhan saraf otak yang jauh lebih meningkat secara drastis.

Ternyata berkebun memiliki banyak manfaat baik fisik maupun mental, dan kamu dapat dengan leluasa melakukan hobi berkebun dan rasakan manfaatnya. Coba kunjungi blog clubwanita.com untuk kesehatan dan kecantikan kamu.