Danau Laguna Ngade, Danau Dengan Spot Foto Paling Cantik di Ternate

Jika kamu berkunjung ke Maluku, kamu tidak akan pernah bosan karena Maluku memiliki banyak wisata pilihan yang bisa kamu kunjungi.  Dari sekian banyak tempat wisata, salah satu tempat  favorit untuk dikunjungi ialah danau. Nah tepatnya di Ternate, terdapat sebuah danau indah yang bernama Danau Laguna Ngade. Masyarakat sini sering menyebutnya dengan nama Danau Ngade. Danau Ngade termasuk danau yang masih alami dan sedikit mendapat campur tangan manusia. Tak heran banyak fotografer yang mengincar gambar indah dan bernilai tinggi. Biasanya fotografer mengambil foto dari atas untuk menghasilkan foto yang menajubkan. Paduan panorama, warna dari danau, hutan di sekitar danau, dan langit-langit baru menjadikan gambar bernilai tinggi. Nggak Cuma wisatawan lokal yang meramaikan Danau Laguna, wisatawan mancanegara pun juga menyempatkan diri bersantai di pinggir-pinggir danau sambil menunggu momen matahari terbenam.

Keindahan Danau Laguna

Rindangnya pepohonan hijau mengilingi permukaan danau dan menghiasi danau hinga kehijauan. Birunya langit menjadi latar keindahan Danau Laguna. Di balik danau ini, berhampar lautan biru dengan sebuah bukit muncul, seperti yang ada di film Hollywood. Meskipun dekat dengan laut, air di Danau Laguna tetap tawardan tidak asin seperti air laut pada umumnya. Memang, Danau Laguna mempunyai lokasi yang stategis. Selain berdekatan dengan area pantai, kamu juga akan disuguhkan degan keindahan Gunung Tidore dan Maiara yang bersembunyi dibalik bukit tengah laut tersebut. Suara burung-burung ikut meramaikan suasana danau yang begitu tenang dan sunyi.  Pengunjung juga bisa memancing, dan hasil pancingannya bisa dinikmati langsung. Oh iya jangan lupa mengabadikan momen indah saat berada di Danau Laguna ya! Banyak spot-spot foto disini seperti jembatan, rumah pohon, hingga ayunan. Berfoto di ayunan dikenakan tarif 5 ribu rupiah sekali berpose atau berayun. Nah untuk bisa sampai di ayunan Danau Laguna, kamu harus sedikit mendaki dengan jarak 500 meter. Oh iya rute pendakian ini aman kok, sehingga mudah untuk diakses. Informasi lengkap akes danau ini klik disini.

Bersantai di resto apung sembari menikmati keindahan yanga  ada di sekitar danau

Di sekitar danau ada sebuah restoran terapung dimana  kamu bisa menikmati kuliner-kuliner ikan segar  setelah lelah berkeliling menikmati keindahan danau. makanan favorit yang menjadi andalan Danau Laguna ialah sambal dabu-dabu atau Gohu ikan. Ikan-ikan  tersebut merupakan hasil tangkapan dan budidaya di atas danau. Ada ikan mas, mujair, gabus, dan nila. Ikan disini juga dijual mulai dari harga 70 ribu sekilonya.

Lokasi Danau Laguna

Danau ini terletak di kawasan Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan kota ternate selatan, Ternate, Maluku Utara. Danau Laguna berada tepat di bawah kaki gunung Gamalama Ternate

Rute perjalanan menuju Danau Laguna

Jika dari bandara sultan babullah ternate, kamu dapat menyewa kendaraan ataupun menaiki kendaraan pribadi untuk menuju danau  cantik ini. Perjalanan ke danau cantik ini ditempuh dengan jarak sekitar 18 km dalam waktu sekitar 40 menit jika tidak terjadi kemacetan. Kalau dari pelabuhan lebih dekat yaitu sekitar 15 menit saja. Untuk sewa kendaraan dipatok mulai dari harga 100 ribu hingga 200 ribu rupiah. Untuk harga segitu kamu sudah bisa mengelilingi kota Ternate seharian.

Penginapan di sekitar Danau Laguna

Setelah lelah mengelilingi Danau Laguna, kamu bisa bermalam di beberapa penginapan yang berada dekat dengan Danau Laguna.  Ada penginapan grand dafam bela ternate yang dipatok 750 ribuan per malamnya.  Jaraknya 4 km dari Danau Laguna. Jika kamu ingin mencari penginapan yang lebih murah lagi, ada penginapan Muara Inn yang dipatok 250 ribuan per malamnya. Jaraknya kurang lebih 5 km dari Danau Laguna.

Jam buka dan Tarif masuk ke Danau Laguna

Jam buka Danau Laguna yaitu 24 jam. Namun, waktu terbaik untuk datang kesini yaitu pada pagi atau sore hari karena pada saat itu cuacanya lagi sejuk-sejuknya. Nah tarif masuk ke Danau Laguna, sangatlah bersaabat. Untuk dewasa 5 ribu rupiah sedangkan untuk anak-anak hanya 3 ribu rupiah.

Wisata Danau Laguna memang belum sepopuler Danau Tolire. Meskipun begitu, potensi  alamnya cukup besar untuk dikembangkan. Jika terus dikembangkan, pasti Danau Laguna bisa sekelas dengan Danau Tolire. Penasaran dengan Danau Laguna ngade? Yuk rencanakan liburanmu ke Ternate! Semoga artikelnya bermanfaat. . .